Metamorfosis, Transformasi Bentuk Makhluk Hidup

Menurut kamu jika kupu-kupu mempunyai anak, bagaimana bentuknya? Apakah akan berupa kupu-kupu dengan tubuh yang kecil? Ternyata tidak loh! Anak dari kupu-kupu adalah ulat!

Bagaimana bisa ulat merupakan anak kupu-kupu? Bentuknya saja sudah berbeda bukan?

Ya, kupu-kupu dan ulat memang berbeda ya bentuknya. Namun ternyata kupu-kupu selama proses daur hidupnya mengalami metamorfosis loh! Artinya hewan ini mengalami transformasi atau perubahan bentuk.

Metamorfosis berasal dari kata “meta” yang berarti perubahan dan “morpho” yang berarti bentuk. Metamorfosis merupakan proses perkembangan hewan yang mengalami perubahan bentuk fisik dari lahir hingga menjadi hewan dewasa.

Contohnya pada kupu-kupu, tahap metamorfosis nya dimulai dari telur yang kemudian menetas menjadi ulat. Ulat akan berubah menjadi kepompong atau pupa. Dari kepompong ini nanti akan keluar seekor kupu-kupu. Setiap tahap hidupnya memiliki bentuk fisik yang berbeda kan!

Pada umumnya, setiap serangga akan mengalami metamorfosis. Contohnya seperti nyamuk, belalang, semut, capung, kecoa, dan masih banyak lagi.

Namun ada juga hewan selain serangga yang mengalami metamorfosis. Contohnya adalah katak. Berudu atau kecebong adalah anak dari katak yang akan berubah menjadi katak dewasa nantinya.

Lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki ketertarikan untuk menulis. Mari ikuti petualangan Sasa dan Popo dalam mengetahui dan memahami sains dengan cara yang asik dan lebih mudah!

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *