Ayo Belajar bersama tentang keanekaragaman batang tumbuhan.

Jika kita membandingkan berbagai jenis tumbuhan, kita dapat melihat ada tumbuhan yang memiliki batang yang jelas ada juga tumbuhan yang nampak tidak berbatang. Lobak dan sawi merupakan contoh tumbuhan yang nampak tidak memiliki batang. Apakah batangnya ada? Tentu saja ada. Hanya saja batangnya sangat pendek sehingga daun bertumpuk-tumpuk. Daun tersebut seolah-olah daun langsung keluar dari akar. Batang akan terlihat jelas ketika tumbuhan tersebut berbunga. Batang keluar dan tumbuh tinggi dari tengah kumpulan daun, bercabang dan mendukung bunga.

Tumbuhan yang memiliki batang jelas dapat dibedakan berdasarkan jenis batangnya antara lain:

Tumbuhan yang memiliki batang jelas dapat dibedakan berdasarkan jenis batangnya antara lain:

  1. Batang basah (herbaceous)

Batang ini lunak dan berair. Contoh tanaman yang memiliki jenis batang ini adalah bayam dan teratai.

  1. Batang rumput (calmus)

Batang jenis itu tidak keras, terlihat memilki ruas dan biasanya berongga. Contoh tanaman yang jenis batangnya batang rumput adalah padi, jagung dan berbagai jenis rumput.

  1. Batang mendong (calamus)

Jenis batang ini hampir sama dengan batang rumput hanya saja memiliki ruas-ruas yang lebih panjang dan biasanya hanya 1 ruas saja. Contoh tanaman yang memiliki jenis batang ini adalah teki, mending dan wlingi.

  1. Batang berkayu (lignosus)

Batang jenis ini memiliki sifat keras dan kuat. Batang berkayu banyak dimiliki oleh pohon dan semak. Apakah kalian tau beda antara pohon dan semak? Pohon adalah tumbuhan yang tinggi besar dan bercabang jauh dari permukaan tanah sedangkan semak adalah tumbuhan berkayu yang tidak terlalu tinggi dan bercabang dekat dengan permukaan tanah. Contoh tumbuhan yang termasuk pohon seperti mangga, jati dan kelengkeng. Contoh tumbuhan yang termasuk semak adalah daun beluntas, asoka dan puring.

Sekarang kalian coba memperhatikan tumbuhan yang ada disekitar kalian kemudian amati batangnya. Termasuk jenis batang apa tumbuhan tersebut?

Pemelajar makhluk hidup terutama tumbuhan dan lingkungannya yang menyelesaikan S1 Biologi Unair dan S2 Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman IPB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *