Cara Memelihara Ulat Sampai Jadi Kupu-kupu

Kalau kamu mau pelihara kupu-kupu dari ulat bisa banget lho..tapi sebelum itu apa kamu tahu proses perubahan kupu-kupu dari ulat ini disebut metamorfosis? Yuk kita baca dulu artikel tentang metamorfosis supaya lebih paham.

Nah untuk melihat proses metamorfosis kupu-kupu secara langsung lebih baik kita buat percobaan berikut :

  1. Tentukan jenis ulat yang ingin dipelihara 

Sasa lagi mikir ulat jenis apa yang akan ditumbuhkan.

Percobaan ini harus dilakukan di musim kemarau ya karena sebagian besar ulat ditemukan di musim kemarau. Setelah kamu tentukan jenis ulat yang ingin dipelihara, pastikan kamu memelihara ulat yg mudah ditemukan makanannya karena setiap ulat memiliki tanaman yg disukai (tanaman inang). Kita ambil contoh misal ulat zebra swallowtail yang tinggal di pohon pepaya.

  1. Temukan ulat di daun atau ranting pohon

Setelah itu, temukan ulat di daun atau ranting pohon. Ambil ulat bersama daun dan ranting tersebut tanpa menyentuh ulatnya. Jika tersentuh maka segera cuci tangan ya supaya tidak gatal atau iritasi.

  1. Siapkan kandang berupa toples atau akuarium yang atasnya ditutup dengan kain saringan 

Siapkan kandang berupa toples atau aquarium yang bersih, aman dan nyaman dengan ukuran yang cukup sebagai tempat ulat berubah menjadi kupu-kupu. Pastikan kandang tersebut memiliki tutup dengan celah-celah kecil. Celah ini berfungsi untuk aliran udara. Atau, bagian atas kandang yang tidak memiliki tutup bisa ditutup dengan kain saringan. Jangan lupa, lapisi bagian bawah kandang dengan tisu supaya mudah dibersihkan. 

  1. Masukkan ranting-ranting atau dahan pohon yang ada ulatnya. Jangan lupa diberi daun yg disemprot air untuk makan dan minumnya ya!

Masukan beberapa ranting atau dahan pohon ke dalam kandang sebagai media untuk ulat dapat merayap dan menggantung saat menjadi pupa. Simpan ulat dalam kandang dan letakkan beberapa daun dari tanaman inangnya yang sudah disemprot air sebagai bahan makan dan minumnya. Bersihkan kandang setiap hari, ganti tisu dan buang daun yang tidak dimakan ulat.

  1. Ulat akan berubah menjadi kepompong

Ulat akan berubah menjadi kepompong dan menggantung di ranting atau dahan. Kepompong tersebut akan berubah warna menjadi lebih gelap atau bening tergantung jenis ulatnya lalu kepompong tersebut akan bermetamorfosis menjadi kupu-kupu selama 10-14 hari di musim panas atau semi.

Nah, jangan lupa untuk memberi makan kupu-kupu berupa daun dari tanaman inangnya ya!

  1. Dalam 10-14 hari kepompong berubah jadi kupu-kupu

Gimana gampang bukan ??? Selamat mencoba yaaaa 🙂

Ibu dari 2 anak. Lulusan kimia ITB bidang keahlian Biokimia. Pernah bekerja sebagai supervisor lab kimia, fisik dan sensory di perusahaan swasta industri coklat selama 7 tahun

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *