Apa Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna?

Halo Sobat Sains, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas metamorfosis bersama Sasa dan Popo ya. Ada yang masih ingat apa itu metamorfosis?  Nah, kali ini, kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai dua jenis metamorfosis yang telah disebutkan, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Apa sih bedanya???

Pada metamorfosis sempurna, hewan mengalami empat tahap perubahan fisik. Dimulai dari telur – larva – pupa – Imago (hewan dewasa). Hewan-hewan yang mengalami metamorfosis sempurna diantaranya yaitu kupu-kupu, nyamuk, katak, lebah, lalat, semut, dan masih banyak lagi.

Sedangkan, pada metamorfosis tidak sempurna, perubahannya terjadi melalui tiga tahap saja. Dimulai dari telur, berubah menjadi nimfa, kemudian terbentuklah imago (hewan dewasa).

Pada metamorfosis tidak sempurna, telur tidak menetas menjadi larva, melainkan menjadi nimfa. Nimfa merupakan hewan yang bentuk nya sudah seperti hewan dewasa namun ukurannya yang lebih kecil. Umumnya serangga akan mengalami yang namanya ganti kulit saat berubah dari nimfa menjadi dewasa. Beberapa hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna diantaranya yaitu kecoa, belalang, capung, jangkrik, dan masih banyak lagi.

Nah, agar Sobat Sains nggak bingung, perbedaannya terlihat dari skema di bawah ini.

Jadi, pada metamorfosis sempurna terdapat empat tahap perubahan. Sedangkan, pada metamorfosis tidak sempurna hanya ada tiga tahap saja. Selain itu, pada metamorfosis tidak sempurna terdapat nimfa yang merupakan tahap dimana hewan sudah menyerupai imago tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil.

Gimana udah nggak bingung lagi kan???

Lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki ketertarikan untuk menulis. Mari ikuti petualangan Sasa dan Popo dalam mengetahui dan memahami sains dengan cara yang asik dan lebih mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *