Eksperimen Sains: Melihat klorofil pada daun

Teman-teman, dari artikel fotosintesis sebelumnya, ternyata tumbuhan yang berwarna selain hijau, daunnya juga mengandung klorofil. Seperti begonia, bayam merah, dan maple. Nah, kali ini sasa dan popo akan mengajak kalian untuk membuktikannya melalui eksperimen sains. Nama eksperimennya ekstraksi klorofil

Tapi, sebelum melakukan eksperimen, kalian perlu tau dulu nih, apa sih ekstraksi itu??

Jadi, ekstraksi adalah proses pemisahan suatu zat dari campuran menggunakan suatu cairan. Nah, kali ini kita akan mencoba memisahkan klorofil dan zat warna lain dari dalam daun menggunakan air.

Bahan yang perlu disiapkan

Untuk melakukan eksperimen ini, kalian perlu menyiapkan:

  • 2 lembar daun berwarna hijau
  • 2 lembar daun berwarna selain hijau

Untuk mencarinya kalian tidak perlu jauh-jauh pergi membeli bayam merah di supermarket, ya! Cukup cari di sekitar rumah kalian. Carilah tumbuhan yang daunnya berwarna kuning, merah, atau ungu. Jika sudah menemukannya, cuci daun-daun tersebut sampai bersih!

Siapkan alatnya dulu, ya!

sainspop junior – ekstrasi klorofil (Ilustrator: Keni)

Alat yang dibutuhkan dalam eksperimen ini adalah:

  • Seperangkat alat menumbuk. Jika tidak ada, kalian bisa siapkan batu untuk menumbuk dan mangkok plastik sebagai wadahnya.
  • Air
  • Kertas saring (bisa kertas saring kopi). Jika tidak ada, bisa menggunakan tissue

Saatnya melakukan eksperimen sains

sainspop junior – ekstrasi klorofil (Ilustrator: Keni)

Ikuti cara di bawah ini untuk melakukan eksperimen:

Eksperimen sains: Cara ekstrasi klorofil (Ilustrator: @ipeho)

Bagaimana hasil eksperimen kalian?

Jika eksperimen kalian berhasil, maka kalian akan menemukan bercak hijau pada kertas saring atau tissue. Bercak hijau tersebut adalah klorofil atau zat hijau daun.

sainspop junior – ekstrasi klorofil (Ilustrator: Keni)

Untuk daun yang tidak berwarna hijau, seperti bayam ungu, bercak hijau akan tersamarkan karena tercampur dengan warna lain. Jika kalian kesulitan menemukan warna hijau, cobalah lihat di bawah cahaya yang terang. Maka, kalian akan melihat bercak hijau walaupun terlihat samar.

Hal ini karena jumlah zat warna lain pada daun tersebut lebih dominan sehingga menutupi warna hijaunya. Tapi karena daun-daun ini hidup dengan berfotosintesis, maka mereka pasti memiliki klorofil.

sainspop junior – ekstrasi klorofil. (Ilustrator: Keni)

Teman-teman, adakah eksperimen lain yang ingin kalian coba lagi bersama Sasa dan Popo?

Nama panggilan saya Ayu. Lahir di kota paling timur di Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi. Ketika kecil saya hidup berpindah-pindah dari pulau Bali hingga NTT mengikuti pekerjaan orang tua. Saya menamatkan pendidikan Sarjana Kimia di Universitas Negeri Malang dan Magister Kimia di Institut Teknologi Bandung. Tahun lalu, saya berkesempatan berbagi ilmu sebagai Guru SAINS di salah satu SD Swasta di Bandung. Saat ini, saya aktif menekuni bisnis farmasi bersama suami dan menjadi kontributor penulis di blog ini :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *