Ekosistem, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Apa sih ekosistem itu? Kamu pernah mendengarnya? Yuk belajar bersama Sasa dan Popo.

Walaupun kita melihat kucing itu hidup sendiri, namun kucing ini tidak hidup sendiri loh! Coba, menurut kamu kira-kira di lingkungan rumahnya Sasa, ada makhluk hidup yang lain tidak? Tentu ada! Ada sekelompok manusia yang hidup di sana, kemudian pasti ada berbagai macam tanaman, ada burung-burung liar, berbagai macam serangga, dan masih banyak lagi.

Nyatanya makhluk hidup tidak hidup sendirian. Mereka berbagi tempat tinggal dengan makhluk hidup yang lain. Semua yang hidup bisa kita sebut sebagai komponen biotik.

Berapa kucing yang sedang dirawat oleh Sasa dan Popo? Ada 1 kucing bukan? Satu makhluk hidup bisa kita sebut sebagai individu.

gambar individu. seekor burung, seekor semut dan seekor singa. Tingkat hirarki awal pada suatu ekosistem
Individu. (Ilustrator: @ipeho)

Kamu pernah melihat sekelompok semut yang tinggal di sarang yang sama? Sekelompok semut ini bisa kita sebut sebagai populasi semut. Populasi adalah sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal bersama-sama. Sarang lebah berisi populasi lebah.

populasi atau sekelompok semut. Tingkat hirarki setelah individu pada ekosistem
Populasi semut. (Ilustrator: @ipeho)
populasi atau sekelompok burung
Populasi burung. (Ilustrator: @ipeho)
populasi atau sekelompok singa
(Ilustrasi: @ipeho)

Pada satu habitat, kita bisa menemukan populasi-populasi hewan yang berbeda. Mereka membentuk yang namanya komunitas. Berarti komunitas terjadi jika ada berbagai macam kelompok makhluk hidup yang tinggal di satu tempat yang sama.

Tingkat hirarki makhluk hidup pada suatu ekosistem

Jadi kita sudah belajar yang namanya individu, populasi, serta komunitas. Apakah kamu bisa melihat perbedaannya pada gambar di atas?

komik sasa dan popo
Sasa dan Popo. (Ilustrator: Keni)

Mereka kita sebut sebagai komponen abiotik.  Tidak mungkin kan makhluk hidup tinggal di tempat yang tidak ada air dan udara?  

Nah, ketika komponen biotik ini berinteraksi dengan komponen abiotik barulah terbentuk yang namanya ekosistem. Pada habitat kebun, populasi tanaman, kupu-kupu, ulat, cacing, dan lebah membentuk sebuah komunitas. Komunitas ini akan berinteraksi dengan matahari, air, udara, dan tanah yang ada di kebun membentuk sebuah ekosistem.

ekosistem, komunitas makhluk hidup yang berinteraksi dengan benda tak hidup di lingkungannya, seperti tanah, matahari, air, dan udara.
Ekosistem. (Ilustrator: @ipeho)

Lalu apa hubungan yang bisa terjadi pada makhluk di suatu ekosistem? Yuk kita pelajari lebih lanjut bersama Sasa dan Popo

Halo, adik-adik, nama kakak Amalia. Kakak mengajar sains dasar di salah satu sekolah swasta. Kakak akan mencoba membantu kamu untuk memahami sains dengan lebih mudah bersama Sasa dan Popo. Yuk, ikuti terus petualangan mereka.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *