Apa itu atmosfer?
Tagged Tags: , ,

Apa itu atmosfer?

Masih ingatkah kalian tentang Bumi planet yang spesial karena ditinggali oleh makhluk hidup? Nah, atmosfer adalah salah satu yang berperan penting di sini. Atmosfer adalah campuran gas yang mengelilingi suatu planet.  Di Bumi, keberadaan atmosfer memungkinkan adanya kehidupan.  Planet lain di sistem tata surya kita juga memiliki lapisan atmosfer.  Namun tidak memiliki jumlah dan susunan gas yang sama dengan di Bumi.

Gas pada atmosfer Bumi

Nitrogen dan oksigen adalah jumlah terbesar pada atmosfer bumi.  Selain itu ada pula argon, karbondioksida, dan unsur gas lainnya tapi dalam jumlah yang sangat sedikit.  Pada atmosfer terkandung uap air.  Juga terdapat partikel-partikel kecil yang melayang-layang atau bisa disebut aerosol. Misalnya debu, spora, serbuk sari, garam laut, abu vulkanik, asap, dan lain-lain.

Apa yang terjadi jika Bumi tidak memiliki atmosfer?

Atmosfer memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kita di bumi. Bisa dikatakan, tanpa adanya atmosfer, maka tidak akan ada pula kehidupan di Bumi.

Pernah terpikirkah olehmu bagaimana jadinya jika tidak ada atmosfer di Bumi?  

  1. Tidak ada kehidupan di Bumi karena semua makhluk hidup di bumi memerlukan oksigen untuk bernapas.
  2. Tidak ada makhluk hidup maupun benda yang bisa terbang karena untuk bisa terbang memerlukan tekanan udara.  Kita tidak bisa melihat burung terbang, kupu-kupu terbang dan hinggap di bunga, dan kita tidak bisa bepergian dengan pesawat.
  3. Tidak ada lapisan atmosfer berarti tidak ada tekanan atmosfer di Bumi.  Hal ini mengakibatkan titik didih air akan turun dan air di Bumi akan mulai menguap sehingga air di Bumi semakin lama akan habis.
  4. Tidak ada air di Bumi berarti tidak akan ada awan yang terbentuk di Bumi.  Itu artinya tidak ada hujan yang turun!  Kita jadi tidak bisa bermain di bawah tetesan hujan dan tidak bisa bermain lumpur!
  5. Langit biru yang cantik akan berubah menjadi gelap karena warna biru dari langit berasal dari sinar matahari yang masuk ke Bumi dan disaring oleh lapisan atmosfer.

Hi semua! Kakak adalah seorang ibu rumah tangga lulusan S1 Kimia yang tertarik dengan dunia sains anak. Yuk kita sama-sama belajar sains bersama Sasa dan Popo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *