Ada Akar Tunggang dan Akar Serabut, Bedanya Apa Sih?

Kalau menurut kalian bagaimana? Apakah perbedaan akar bayam dan daun bawang? Apakah kalian sepakat dengan pendapat Popo?

Akar merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terletak dibawah tanah. Akar berfungsi mengambil air dan makanan dari tanah dan menguatkan tumbuhan untuk dapat berdiri kokoh. Terkadang juga akar berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. 

Ada dua jenis sistem perakaran pada tumbuhan yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Akar Tunggang

Sistem akar tunggang memiliki akar yang tumbuh panjang dan terdapat beberapa serabut pada bagian akarnya. Biasanya sistem perakaran tunggang memiliki bagian akar utama kemudian bercabang. Kamu dapat melihat sistem perakaran tunggang pada tanaman dikotil (biji terbelah) seperti bayam, mangga, jambu dan tanaman gymnospermae (berbiji terbuka) seperti pinus, melinjo maupun cemara.

bentuk akar tunggang dan contoh tanamannya
Contoh Akar Tunggang (Ilustrator: @silviaanuugrah)

Akar Serabut

Sistem akar serabut  memiliki akar yang jumlahnya banyak dan ukurannya hampir sama besar. Akar-akar ini keluar langsung dari pangkal batang. Kalian dapat menjumpai sistem perakaran serabut ini pada padi, bawang, singkong maupun kelapa.

bentuk akar serabut dan contoh tanamannya
Contoh Akar Serabut (Ilustrator: @silviaanugrah)

Lalu, apa perbedaannya?

Dari tabel ini, kamu dapat melihat perbedaan antara sistem perakaran tunggang dan serabut.

Karakter akarTunggangSerabut
UkuranUkuran akar berbeda. Memiliki bagian akar yang paling besar ukurannya (akar utama)Semua akar memiliki ukuran yang sama
Cabang atau serabut akarKeluar dari bagian akar utamaKeluar dari pangkal batang
Perbedaan akar tunggang dan akar serabut

Baik akar tunggang maupun serabut memiliki bagian akar cabang dan serabut akar untuk memperluas bidang menyerapan air. Juga untuk mencari makanan serta memperkuat berdirinya batang tanaman.

Tapi ada yang menarik lho dari akar tunggang. Ternyata, akar tunggang hanya dapat kita jumpai kalau kita menanam dari biji. Apabila kamu menanam dengan cara cangkok atau stek maka tanaman tidak akan memiliki sistem perakaran tunggang. Meskipun jika tanaman tersebut ditanam dari biji memiliki akar tunggang. Menarik bukan?

Jadi, setelah mempelajari 2 jenis akar, menurut kamu bayam dan daun bawang punya sistem perakaran apa? Yuk, jawab di kolom di komentar!

Pemelajar makhluk hidup terutama tumbuhan dan lingkungannya yang menyelesaikan S1 Biologi Unair dan S2 Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman IPB.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *