Categories
Bumi

Apa itu atmosfer?

Apa itu atmosfer?

Masih ingatkah kalian tentang Bumi planet yang spesial karena ditinggali oleh makhluk hidup? Nah, atmosfer adalah salah satu yang berperan penting di sini. Atmosfer adalah campuran gas yang mengelilingi suatu planet.  Di Bumi, keberadaan atmosfer memungkinkan adanya kehidupan.  Planet lain di sistem tata surya kita juga memiliki lapisan atmosfer.  Namun tidak memiliki jumlah dan susunan gas yang sama dengan di Bumi.

Gas pada atmosfer Bumi

Nitrogen dan oksigen adalah jumlah terbesar pada atmosfer bumi.  Selain itu ada pula argon, karbondioksida, dan unsur gas lainnya tapi dalam jumlah yang sangat sedikit.  Pada atmosfer terkandung uap air.  Juga terdapat partikel-partikel kecil yang melayang-layang atau bisa disebut aerosol. Misalnya debu, spora, serbuk sari, garam laut, abu vulkanik, asap, dan lain-lain.

Apa yang terjadi jika Bumi tidak memiliki atmosfer?

Atmosfer memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kita di bumi. Bisa dikatakan, tanpa adanya atmosfer, maka tidak akan ada pula kehidupan di Bumi.

Pernah terpikirkah olehmu bagaimana jadinya jika tidak ada atmosfer di Bumi?  

  1. Tidak ada kehidupan di Bumi karena semua makhluk hidup di bumi memerlukan oksigen untuk bernapas.
  2. Tidak ada makhluk hidup maupun benda yang bisa terbang karena untuk bisa terbang memerlukan tekanan udara.  Kita tidak bisa melihat burung terbang, kupu-kupu terbang dan hinggap di bunga, dan kita tidak bisa bepergian dengan pesawat.
  3. Tidak ada lapisan atmosfer berarti tidak ada tekanan atmosfer di Bumi.  Hal ini mengakibatkan titik didih air akan turun dan air di Bumi akan mulai menguap sehingga air di Bumi semakin lama akan habis.
  4. Tidak ada air di Bumi berarti tidak akan ada awan yang terbentuk di Bumi.  Itu artinya tidak ada hujan yang turun!  Kita jadi tidak bisa bermain di bawah tetesan hujan dan tidak bisa bermain lumpur!
  5. Langit biru yang cantik akan berubah menjadi gelap karena warna biru dari langit berasal dari sinar matahari yang masuk ke Bumi dan disaring oleh lapisan atmosfer.
Categories
Lingkungan

Bermain dengan tanah sambil EKSPERIMEN TENTANG EROSI

Sebelum Prof Junjun menjelaskan, kalian harus tahu dulu apa itu erosi. Erosi adalah suatu proses terkikisnya lapisan permukaan tanah yang bergeser atau berpindah ke tempat lain. Hal ini bisa disebabkan oleh pergerakan air, angin, es atau gravitasi. Kali ini Profesor Junjun akan mengajak teman-teman melakukan simulasi dengan eksperimen tentang erosi.

Erosi bisa terjadi akibat interaksi antara faktor iklim, topografi, tanah, vegetasi, dan manusia. Salah satu faktor iklim yang sangat berpengaruh terhadap erosi yaitu intensitas curah hujan. Untuk mengetahui pengaruh air terhadap erosi tanah, yuk, kita lakukan eksperimen erosi!

Alat dan bahan

Sebelum memulai eksperimen tentang erosi, siapkan dahulu alat dan bahan berikut ini.

Alat dan bahan untuk eksperimen tentang erosi (Ilustrator: @ipeho)

Langkah eksperimen tentang erosi

  1. Siapkan 3 botol bekas air mineral yang sudah di potong salah satu sisinya.
  2. Gantungkan atau simpan 3 wadah penampung di dekat mulut botol. Wadah ini akan digunakan untuk menampung air nantinya.
Langkah percobaan 1 dan 2 (Ilustrator: @ipeho)

3. Isi ketiga botol tersebut dengan tanah yang sama.

4. Biarkan botol ke-1 hanya diisi tanah saja.

5. Untuk botol ke-2, tambahkan tumpukan daun kering di atasnya.

6. Pada botol ke-3, tanami rerumputan atau tanaman lainnya..

Langkah percobaan 3-6 (Ilustrator: @ipeho)

7. Siram ketiganya dengan air bersih dengan jumlah atau volume air yang sama.

8. Amati air yang keluar lewat mulut botol dan tertampung dalam wadah

Langkah percobaan 7 dan 8 (Ilustrator: @ipeho)

Apa yang kamu amati dari ketiga botol di atas?

Pada wadah penampung botol ke-1 air tampak hitam. Banyak tanah yang ikut masuk ke dalam wadah penampungan.

Sedangkan pada wadah penampung botol ke-2 air tidak terlalu keruh. Akan tetapi, tetap ada sedikit tanah yang ikut terbawa air.

Wah, lihat! Pada botol ke-3 air yang tertampung tampak jernih. Hampir tidak ada tanah yang ikut terbawa.

Hasil eksperimen erosi (Ilustrator: @ipeho)

Mengapa air yang keluar dari botol ke-3 begitu jernih?

Karena pada tanah di botol ke-3 banyak sekali akar- akar rumput. Akar ini seolah-olah membalut tanah sehingga menjadi satu kesatuan. Tanah jadi tidak mudah terkikis ketika dimasuki air. Akar-akar tersebut membantu tanah untuk menopang air di dalamnya.

Apa hubungannya eksperimen ini dengan erosi?

Pada saat air hujan mengenai tanah yang tidak ditanami pepohonan, tekstur tanah akan berubah menjadi lembek. Akibatnya, tanah jadi mudah bergerak atau berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

Proses inilah yang dinamakan erosi. Sedangkan, tanah yang ditanami pepohonan akan lebih sulit terjadi erosi. Akar-akar tanaman di dalamnya menahan tanah sehingga tanah tidak mudah bergerak. 

Sasa, Popo, dan Profesor Junjun sedang menanam pohon (Ilustrator: Keni)

Kamu juga bisa eksperimen hal lainnya loh di sini!

Categories
Makhluk Hidup

Lima Cara Adaptasi Unta, Sang Kapal Gurun

Tahukah kamu? Unta memiliki julukan ships of the desert atau kapal gurun. Unta memiliki beberapa keistimewaan yang menjadikannya hewan andalan untuk transportasi di gurun pasir. Bahkan, unta dapat membawa beban yang berat hingga ratusan kilogram, lho! Menurut kamu, adakah hewan lain yang dapat kita gunakan untuk menjelajahi gurun dalam waktu yang lama?

Popo sedang membayangkan beberapa hewan seperti kuda, keledai, kambing atau sapi. Apakah hewan-hewan ini bisa digunakan sebagai alat transportasi di gurun dalam jangka waktu yang lama? (Ilustrator: Keni)

Gurun pasir memiliki suhu yang sangat panas dan kering pada siang hari. Selain itu, di gurun juga sulit ditemukan air dan tanaman. Tidak banyak hewan yang dapat bertahan di lingkungan seperti ini. Unta merupakan salah satu hewan yang dapat beradaptasi di lingkungan ekstrim ini. 

Bagaimana cara unta beradaptasi? 

1. Melalui punuknya

Di gurun pasir susah mendapatkan makanan. Jadi unta harus memiliki kemampuan menyimpan makanan untuk beradaptasi. Untungnya, unta memiliki punuk untuk menyimpan cadangan makanannya. Cadangan makanan unta disimpan dalam bentuk lemak khusus. Nah, lemak khusus inilah yang nantinya digunakan saat unta kesulitan mendapatkan makanan. Jadi, punuk unta bukan berisi air yah teman-teman! Untuk kebutuhan air, unta memenuhinya dengan cara menyimpannya dalam cairan tubuh seperti darah. 

2. Minum air yang super banyak

Unta mampu minum sampai 200 liter air dalam sekali waktu minum. Untuk minum 100 liter air, unta hanya butuh waktu sekitar 10 menit. Waah, banyak sekali ya! Dengan kemampuan inilah unta bisa melakukan perjalanan jauh tanpa minum hingga beberapa hari bahkan minggu. Cara ini membuat unta bisa beradaptasi dengan sulitnya air di gurun. Tentunya dengan memberi makan dan minum untanya dulu yah sebelum pergi 😊.

Punuk unta bukanlah berisi air, tetapi berupa lemak yang digunakan sebagai cadangan makanan. (Ilustrator: @silviaanugrah)

3. Mata, hidung, dan telinga yang spesial

Unta memiliki bulu mata tebal dan panjang untuk mencegah masuknya pasir atau benda asing ke mata. Walaupun ada pasir yang masuk ke mata, unta memiliki kelopak mata ketiga yang bisa menyingkirkannya. Unta mempunyai kemampuan menutup lubang hidung untuk mencegah pasir masuk melalui hidung. Sementara untuk telinga, unta memiliki rambut-rambut di dalam telinganya untuk mencegah pasir masuk. Melalui mata, hidung, dan telinga yang spesial ini unta bisa beradaptasi dengan pasir yang berterbangan di gurun.

Karakteristik bagian mata dan hidung unta yang bisa membantu unta beradaptasi di lingkungan gurun. (Ilustrator: @silviaanugrah)

4. Telapak kaki yang tebal

Bayangkan panasnya pasir yang ada di gurun saat siang hari yang terik. Nah, untungnya hal ini bukan masalah bagi unta karena telapaknya yang tebal. Jadi, unta dapat menahan panas pada saat berjalan di gurun pasir. Selain itu, telapak kaki unta juga memiliki bantalan lembut dan melebar. Fungsinya untuk memudahkan unta berjalan diatas tanah berpasir agar tidak tenggelam. Bentuk telapak yang istimewa ini yang membuat unta bisa beradaptasi dengan pasir di gurun.

Karakteristik kaki unta yang memiliki ukuran kaki lebih besar dibandingkan kaki manusia membuatnya memiliki tekananan yang lebih kecil ke tanah. Hal inilah yang membuat kaki unta tidak mendelesak saat berjalan di gurun pasir. (Ilustrator: @silviaanugrah)

5. Organ tubuh yang istimewa

Unta memiliki ginjal dan usus yang sangat efisien untuk menyerap air lebih banyak. Karenanya urin unta sangat kental dan kotorannya sangat kering. Pada umumnya hewan lain mengeluarkan urin dan kotoran yang masih mengandung air.

Kotoran unta bisa langsung dibakar karena tidak mengandung air. (Ilustrator: Keni)

Nah, sekarang kita sudah tahu mengapa unta mendapat julukan ships of the desert atau kapal gurun. Keistimewaan bentuk tubuh unta membuat hewan ini mudah beradaptasi di gurun pasir yang panas. Menurut kamu adakah hewan lain yang bisa dijadikan alat transportasi di gurun?

Pelajari juga tentang makhluk hidup lainnya di sini, ya!

Categories
Uncategorized

Ayo Belajar bersama tentang keanekaragaman batang tumbuhan.

Jika kita membandingkan berbagai jenis tumbuhan, kita dapat melihat ada tumbuhan yang memiliki batang yang jelas ada juga tumbuhan yang nampak tidak berbatang. Lobak dan sawi merupakan contoh tumbuhan yang nampak tidak memiliki batang. Apakah batangnya ada? Tentu saja ada. Hanya saja batangnya sangat pendek sehingga daun bertumpuk-tumpuk. Daun tersebut seolah-olah daun langsung keluar dari akar. Batang akan terlihat jelas ketika tumbuhan tersebut berbunga. Batang keluar dan tumbuh tinggi dari tengah kumpulan daun, bercabang dan mendukung bunga.

Tumbuhan yang memiliki batang jelas dapat dibedakan berdasarkan jenis batangnya antara lain:

Tumbuhan yang memiliki batang jelas dapat dibedakan berdasarkan jenis batangnya antara lain:

  1. Batang basah (herbaceous)

Batang ini lunak dan berair. Contoh tanaman yang memiliki jenis batang ini adalah bayam dan teratai.

  1. Batang rumput (calmus)

Batang jenis itu tidak keras, terlihat memilki ruas dan biasanya berongga. Contoh tanaman yang jenis batangnya batang rumput adalah padi, jagung dan berbagai jenis rumput.

  1. Batang mendong (calamus)

Jenis batang ini hampir sama dengan batang rumput hanya saja memiliki ruas-ruas yang lebih panjang dan biasanya hanya 1 ruas saja. Contoh tanaman yang memiliki jenis batang ini adalah teki, mending dan wlingi.

  1. Batang berkayu (lignosus)

Batang jenis ini memiliki sifat keras dan kuat. Batang berkayu banyak dimiliki oleh pohon dan semak. Apakah kalian tau beda antara pohon dan semak? Pohon adalah tumbuhan yang tinggi besar dan bercabang jauh dari permukaan tanah sedangkan semak adalah tumbuhan berkayu yang tidak terlalu tinggi dan bercabang dekat dengan permukaan tanah. Contoh tumbuhan yang termasuk pohon seperti mangga, jati dan kelengkeng. Contoh tumbuhan yang termasuk semak adalah daun beluntas, asoka dan puring.

Sekarang kalian coba memperhatikan tumbuhan yang ada disekitar kalian kemudian amati batangnya. Termasuk jenis batang apa tumbuhan tersebut?

Categories
Makhluk Hidup

Eksperimen Sains: Melihat klorofil pada daun

Teman-teman, dari artikel fotosintesis sebelumnya, ternyata tumbuhan yang berwarna selain hijau, daunnya juga mengandung klorofil. Seperti begonia, bayam merah, dan maple. Nah, kali ini sasa dan popo akan mengajak kalian untuk membuktikannya melalui eksperimen sains. Nama eksperimennya ekstraksi klorofil

Tapi, sebelum melakukan eksperimen, kalian perlu tau dulu nih, apa sih ekstraksi itu??

Jadi, ekstraksi adalah proses pemisahan suatu zat dari campuran menggunakan suatu cairan. Nah, kali ini kita akan mencoba memisahkan klorofil dan zat warna lain dari dalam daun menggunakan air.

Bahan yang perlu disiapkan

Untuk melakukan eksperimen ini, kalian perlu menyiapkan:

  • 2 lembar daun berwarna hijau
  • 2 lembar daun berwarna selain hijau

Untuk mencarinya kalian tidak perlu jauh-jauh pergi membeli bayam merah di supermarket, ya! Cukup cari di sekitar rumah kalian. Carilah tumbuhan yang daunnya berwarna kuning, merah, atau ungu. Jika sudah menemukannya, cuci daun-daun tersebut sampai bersih!

Siapkan alatnya dulu, ya!

sainspop junior – ekstrasi klorofil (Ilustrator: Keni)

Alat yang dibutuhkan dalam eksperimen ini adalah:

  • Seperangkat alat menumbuk. Jika tidak ada, kalian bisa siapkan batu untuk menumbuk dan mangkok plastik sebagai wadahnya.
  • Air
  • Kertas saring (bisa kertas saring kopi). Jika tidak ada, bisa menggunakan tissue

Saatnya melakukan eksperimen sains

sainspop junior – ekstrasi klorofil (Ilustrator: Keni)

Ikuti cara di bawah ini untuk melakukan eksperimen:

Eksperimen sains: Cara ekstrasi klorofil (Ilustrator: @ipeho)

Bagaimana hasil eksperimen kalian?

Jika eksperimen kalian berhasil, maka kalian akan menemukan bercak hijau pada kertas saring atau tissue. Bercak hijau tersebut adalah klorofil atau zat hijau daun.

sainspop junior – ekstrasi klorofil (Ilustrator: Keni)

Untuk daun yang tidak berwarna hijau, seperti bayam ungu, bercak hijau akan tersamarkan karena tercampur dengan warna lain. Jika kalian kesulitan menemukan warna hijau, cobalah lihat di bawah cahaya yang terang. Maka, kalian akan melihat bercak hijau walaupun terlihat samar.

Hal ini karena jumlah zat warna lain pada daun tersebut lebih dominan sehingga menutupi warna hijaunya. Tapi karena daun-daun ini hidup dengan berfotosintesis, maka mereka pasti memiliki klorofil.

sainspop junior – ekstrasi klorofil. (Ilustrator: Keni)

Teman-teman, adakah eksperimen lain yang ingin kalian coba lagi bersama Sasa dan Popo?

Categories
Bumi

Lapisan Bumi Seperti Buah Alpukat Katanya, Benarkah?

sainspop junior – Bumi seperti Alpukat (Ilustrator: Keni)

Bumi kita secara umum terdiri dari 3 lapisan, yaitu kerak Bumi, mantel Bumi, dan inti Bumi. Bayangkan Bumi kita seperti buah alpukat yang sangat besar.  Kalian pernah makan buah alpukat kan? Buah alpukat itu terdiri dari kulit buah, daging buah dan bijinya. Terus apa hubungannya alpukat dengan Bumi?

Nah, bayangkan kulit buah alpukat itu adalah bagian kerak Bumi. Daging buah alpukat adalah mantel Bumi. Sedangkan biji buah alpukat adalah inti Bumi. 

Bumi seperti alpukat (Ilustrator: @silviaanugrah)

Bagian kulit dari biji buah alpukat ini diibaratkan seperti inti Bumi terluar ( outer core ). Sedangkan bagian dalam bijinya diibaratkan seperti inti Bumi terdalam ( inner core ).

Nah. untuk lebih jelasnya lagi, yuk, kita pelajari lebih mendalam.

Lapisan Bumi

Lapisan Bumi (Ilustrator: @silviaanugrah)

Kerak Bumi

Kerak Bumi adalah lapisan terluar dari Bumi kita. Lapisan ini terdiri dari berbagai macam batuan, tanah, dan semua yang bisa kita lihat di atas permukaan Bumi.  Kerak Bumi di daratan ketebalannya sekitar 3x lebih tebal dari kerak yang ada di dasar lautan.

Di bawah kerak Bumi terdapat lapisan yang membatasi kerak Bumi dengan mantel Bumi. Lapisan ini disebut Diskontinuitas Mohorovicic atau sering disebut Moho. Moho terletak sekitar 5-7 kilometer di bawah dasar laut atau sekitar 75 kilometer di bawah permukaan daratan.

Mantel Bumi

Di bawah Moho terdapat mantel Bumi yang merupakan lapisan terbesar yang membentuk Bumi. Jumlahnya sekitar 85% dari massa Bumi.  Mantel Bumi terdiri dari campuran material cair, padat dan gas dengan suhu yang tinggi.  Material di lapisan mantel Bumi kaya akan kandungan magnesium.  Mantel Bumi terbagi menjadi mantel atas yang bersifat plastis (mengalami perubahan bentuk) hingga semi plastis, dan mantel bawah yang bersifat padat.

Di antara mantel Bumi dan inti Bumi terdapat lapisan yang disebut Diskontinuitas Gutenberg, letaknya sekitar 2.900 kilometer di bawah permukaan Bumi.

Kerak Bumi (Ilustrator: @silviaanugrah)

Inti Bumi

Inti bumi terbagi menjadi dua bagian, yaitu inti Bumi terluar ( outer core ) dan inti Bumi terdalam ( inner core ).  Lapisan Inti Bumi terluar terdiri dari cairan yang sangat panas yang disebut dengan lava.  Lava merupakan cairan panas yang terdiri dari batuan besi dan nikel.  Sedangkan inti Bumi terdalam merupakan bola padat yang terdiri dari material besi dan nikel yang lebih padat.  Inti Bumi terdalam ini adalah lapisan terpanas dari Bumi, lho! Diperkirakan suhunya menyerupai suhu pada permukaan Matahari yaitu bisa mencapai 5000⁰C. Waaah pasti panas sekali!

sainspop junior – Bumi seperti Alpukat (Ilustrator: Keni)
Categories
Bumi

Bumi, Rumah Kita yang Spesial

Sobat Sains disini punya pertanyaan yang samakah dengan sasa dan popo? Dari sekian banyak planet yang ada di Tata Surya kita, masing-masing planet memiliki keunikannya masing-masing. Tapi, dari sekian banyak planet yang ada di seluruh alam semesta, planet kitalah yang paling spesial. Kok bisa? Karena, sampai saat ini planet Bumi adalah satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. 

Mengapa bisa begitu?

Ada banyak hal yang menyebabkan ada kehidupan di Bumi, diantaranya:

1. Bumi kita memiliki oksigen

Ada oksigen berarti makhluk hidup bisa bernapas. Planet kita mengandung 21% Oksigen, 78% Nitrogen, dan 1% gas lainnya seperti Karbon dioksida, Argon, dan Neon . Komposisi ini ternyata pas untuk kehidupan.

2. Bumi kita tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin

Bumi merupakan planet ketiga dari Matahari. Tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh. Planet kita tidak sepanas Venus, juga tidak sedingin Neptunus. Hal ini mengakibatkan suhu udara di planet kita nyaman untuk untuk ditinggali makhluk hidup.

Walaupun ada juga sih tempat di Bumi yang sangat dingin, seperti di kutub Utara dan Selatan. Atau sangat panas seperti di Gurun Sahara.

3. Bumi kita memiliki air

Semua makhluk hidup butuh air. Planet kita disebut planet Biru karena 70% permukaannya diselimuti air. Daratan yang kamu pijak ternyata hanya 30% dari permukaan Bumi. Kondisi suhu di Bumi juga membuat air tidak cepat menguap.

Foto Bumi yang diambil oleh kamera NASA bernama EPIC dari jarak 1.6 juta km. (Sumber: NOAA/NASA EPIC Team)

4. Kita dilindungi atmosfer!

Selain menyediakan udara untuk kita bernapas, atmosfer Bumi juga melindungi kita dari kuatnya sinar matahari. Tanpa atmosfer kita, suhu di permukaan Bumi akan jauh lebih panas. Atmosfer juga melindungi kita dari meteor.

Setiap tahunnya, ada ribuan meteor kecil yang masuk ke atmosfer Bumi. Meteor ini akan jatuh terbakar di lapisan atmosfer kita sebelum sampai ke permukaan. Ada yang habis terbakar di atmosfer atau jatuh sebagai batuan kecil. Kamu juga dapat mempelajari tentang meteor dan benda langit lainnya di sini.

Kiri: Meteor yang memasuki atmosfer Bumi terlihat seperti “bintang jatuh” di foto pada tahun 2016 di West Virginia (Sumber: NASA/Bill Ingalls). Kanan: Pecahan batu meteor (meteorit) yang jatuh ke Gurun Nubian di Sudan pada tahun 2008 (Sumber: NASA/SETI/P. Jenniskens)

Kondisi planet kita yang spesial ini menjadi rumah bagi begitu banyak jenis makhluk hidup. Mulai dari makhluk hidup yang sangat kecil yang bahkan tidak bisa kamu lihat. Sampai makhluk hidup yang sangat besar.

Walaupun Bumi adalah rumah kita sendiri, masih banyak hal yang bisa dipelajari dari manusia. Ada banyak cabang ilmu yang mempelajari tentang Bumi. Ada geologi, geofisika, geodesi, hidrologi, oseanografi, dan masih banyak lagi.

Categories
Biologi Makhluk Hidup

Apakah Setiap Tumbuhan Memiliki Fungsi Akar yang Sama?

Jadi, wortel dan bengkoang itu buah atau akar? Atau sayur? Siapa yang benar di antara Sasa dan Popo?

Umbi Akar

Wortel dan bengkuang merupakan bagian dari akar tumbuhan. Akar ini menyimpan cadangan makanan atau dikenal sebagai umbi akar. Beberapa tanaman memiliki akar yang dapat dimakan seperti wortel, lobak, bengkoang, singkong, dan ubi. Jenis akar mengandung nutrisi yang sangat baik tubuh kita. Ada karbohidrat, serat, protein, dan juga vitamin. Jadi, akar tidak hanya bermanfaat untuk tumbuhan, ya. Manusia juga bisa memanfaatkan akar tumbuhan sebagai makanan.

Umbi akar biasanya tersimpan di dalam tanah. Tapi apakah semua akar terletak dalam tanah? Ternyata tidak! Ada juga lho akar yang tidak tumbuh di dalam tanah.

Coba kalian perhatikan foto di bawah ini. Ada pohon beringin, pohon bakau, pohon sirih, dan pohon pandan. Pohon ini merupakan contoh tanaman yang akarnya berada di luar tanah.

Akar nafas (pohon beringin dan pohon bakau), akar pelekat (pohon sirih), dan akar tunjang (pohon pandan). Foto Pohon Sirih: Md. Shahnoor Habib (CC BY-SA 3.0); Pohon Pandan: David Eickhoff (CC BY 2.0) via Wikimedia Commons

Keempat pohon ini juga memiliki jenis dan fungsi akar yang beragam lho!

Akar Nafas

Coba perhatikan foto pohon beringin. Dari bagian batang, keluar akar yang menggantung menuju ke bawah. Akar ini disebut sebagai akar nafas. Akar nafas menolong penyerapan air dan zat gas dari udara. 

Pada tanaman bakau, kalian dapat menemukan akar yang tumbuh tegak lurus dan muncul ke permukaan tanah. Akar ini berfungsi membantu proses pernafasan tumbuhan sehingga disebut dengan akar nafas.

Akar Pelekat

Nah, sekarang perhatikan akar pada tanaman sirih yang tumbuh merambat. Pada ruas batang tanaman sirih, muncul akar yang menempel pada penunjangnya. Akar ini disebut dengan akar pelekat. Seperti namanya, akar pelekat berfunsi melekaktkan tanaman agar dapat kuat merambat.  

Akar Tunjang

Yuk, perhatikan foto tanaman pandan! Apakah kamu melihat akar yang muncul dari bagian bawah batang ke segala arah? Akar ini menunjang batang agar tidak sampai rebah. Oleh karena itu jenis akar ini disebut akar tunjang.

Ternyata, tumbuhan memiliki jenis akar dengan fungsi yang berbeda-beda ya. Selain berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah, ternyata ada juga fungsi lainnya. Seperti tempat menyimpan makanan, membantu pernafasan, dan menunjang batang. Perbedaan ini terjadi karena bentuk dan tempat hidup tumbuhan yang berbeda-beda.

Kamu juga dapat mempelajari tentang sistem akar pada tumbuhan di sini.

Categories
Biologi Makhluk Hidup

Batang Tumbuhan, Sumbu Tanaman yang Memiliki Peran Penting

Coba lihat tumbuhan di sekelilingmu. Apakah ada yang memiliki batang besar seperti yang dilihat Sasa dan Popo? Apakah kamu bisa menjawab pertanyaan Sasa?

Batang adalah salah satu dari bagian tubuh tumbuhan. Fungsinya tidak kalah penting dari akar loh! Bagi tanaman, batang memiliki peran yang penting antara lain:

1. Mendukung daun, bunga, dan buah.

Batang menempatkan daun di tempat yang terkena cahaya matahari sehingga daun bisa berfotosintesis. Batang juga meyediakan tempat yang aman untuk bunga dan buah.

2. Sebagai Sarana Transportasi

Kamu bisa bayangkan batang seperti jalan raya tempat mobil, truk, motor, dan transportasi darat lainnya berlalu lalang. Bedanya, pada batang yang berlalu lalang adalah air, unsur hara, dan makanan.

Pada batang ada xylem dan floem yang berfungsi seperti kendaraan. Xylem adalah bagian yang berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju daun. Lalu, ada floem berfungsi menyebarkan makan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

3. Sebagai penyimpan makanan dan menguatkan tumbuhan.

Batang memiliki jaringan meristem yang selalu membelah menjadi sel baru. Inilah yang membuat tumbuhan dapat bertambah tinggi pada ujungnya. Batang juga memiliki yang membuat diameter batang bertambah lebar. Jadi jika kamu melihat pohon dengan batang yang tinggi dengan diameter yang lebar, sudah tahu kan penyebabnya?

Jika kambium membuat batang lebar, lalu apa yang membuat batang tumbuhan yang dipegang Popo keras? Jawabannya karena sel tumbuhan mengandung selulosa dan lignin. Kedua zat ini membuat tumbuhan menjadi kaku dan kuat.

Bagian lain dari batang

Pada batang terdapat tempat duduk daun atau disebut nodus. Ada juga ruas atau internodus. Batang suatu tumbuhan ada yang bercabang ada yang tidak. Adanya cabang ini membantu menempatkan daun untuk mendapatkan sinar matahari. Contoh tanaman yang memiliki batang bercabang yaitu mangga, angsana dan belimbing. Sedangkan tanaman yang tidak memiliki cabang contohnya yaitu jagung, tebu, dan padi.

Batang tumbuhan (Ilustrator: Sesilia Niken)

Cabang besar yang langsung keluar dari batang pokok disebut dahan atau ramus. Sedangkan cabang yang kecil dinamakan ranting atau ramulus.

Kalau kalian melihat pohon kelapa bagaimana bentuknya? Bulat seperti silinder bukan? Lalu apakah semua batang berbentuk seperti itu? 

Macam-macam bentuk batang (Ilustrator: Sesilia Niken)

Secara umum bentuk batang adalah bulat memanjang seperti silinder. Namun ada juga tumbuhan yang memiliki bentuk lain. Ada tumbuhan yang batangnya pipih seperti batang kaktus atau yang berbentuk segi empat seperti batang markisa. Apakah di sekitar rumahmu ada tanaman dengan bentuk batang ini? Tanaman apakah itu? 

Walaupun bentuk batang tumbuhan dapat berbeda satu sama lain, batang memiliki peran yang sama pada tumbuhan.  

Categories
Biologi Makhluk Hidup

Ada Akar Tunggang dan Akar Serabut, Bedanya Apa Sih?

Kalau menurut kalian bagaimana? Apakah perbedaan akar bayam dan daun bawang? Apakah kalian sepakat dengan pendapat Popo?

Akar merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terletak dibawah tanah. Akar berfungsi mengambil air dan makanan dari tanah dan menguatkan tumbuhan untuk dapat berdiri kokoh. Terkadang juga akar berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. 

Ada dua jenis sistem perakaran pada tumbuhan yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Akar Tunggang

Sistem akar tunggang memiliki akar yang tumbuh panjang dan terdapat beberapa serabut pada bagian akarnya. Biasanya sistem perakaran tunggang memiliki bagian akar utama kemudian bercabang. Kamu dapat melihat sistem perakaran tunggang pada tanaman dikotil (biji terbelah) seperti bayam, mangga, jambu dan tanaman gymnospermae (berbiji terbuka) seperti pinus, melinjo maupun cemara.

Contoh Akar Tunggang (Ilustrator: @silviaanuugrah)

Akar Serabut

Sistem akar serabut  memiliki akar yang jumlahnya banyak dan ukurannya hampir sama besar. Akar-akar ini keluar langsung dari pangkal batang. Kalian dapat menjumpai sistem perakaran serabut ini pada padi, bawang, singkong maupun kelapa.

Contoh Akar Serabut (Ilustrator: @silviaanugrah)

Lalu, apa perbedaannya?

Dari tabel ini, kamu dapat melihat perbedaan antara sistem perakaran tunggang dan serabut.

Karakter akarTunggangSerabut
UkuranUkuran akar berbeda. Memiliki bagian akar yang paling besar ukurannya (akar utama)Semua akar memiliki ukuran yang sama
Cabang atau serabut akarKeluar dari bagian akar utamaKeluar dari pangkal batang
Perbedaan akar tunggang dan akar serabut

Baik akar tunggang maupun serabut memiliki bagian akar cabang dan serabut akar untuk memperluas bidang menyerapan air. Juga untuk mencari makanan serta memperkuat berdirinya batang tanaman.

Tapi ada yang menarik lho dari akar tunggang. Ternyata, akar tunggang hanya dapat kita jumpai kalau kita menanam dari biji. Apabila kamu menanam dengan cara cangkok atau stek maka tanaman tidak akan memiliki sistem perakaran tunggang. Meskipun jika tanaman tersebut ditanam dari biji memiliki akar tunggang. Menarik bukan?

Jadi, setelah mempelajari 2 jenis akar, menurut kamu bayam dan daun bawang punya sistem perakaran apa? Yuk, jawab di kolom di komentar!

Exit mobile version