Lapisan Bumi Seperti Buah Alpukat Katanya, Benarkah?

Katanya lapisan Bumi kita itu seperti buah alpukat, lho! Kalau tidak percaya yuk cari tahu bersama Sasa dan Popo
sainspop junior – Bumi seperti Alpukat (Ilustrator: Keni)

Bumi kita secara umum terdiri dari 3 lapisan, yaitu kerak Bumi, mantel Bumi, dan inti Bumi. Bayangkan Bumi kita seperti buah alpukat yang sangat besar.  Kalian pernah makan buah alpukat kan? Buah alpukat itu terdiri dari kulit buah, daging buah dan bijinya. Terus apa hubungannya alpukat dengan Bumi?

Nah, bayangkan kulit buah alpukat itu adalah bagian kerak Bumi. Daging buah alpukat adalah mantel Bumi. Sedangkan biji buah alpukat adalah inti Bumi. 

Bumi kita secara umum terdiri dari 3 lapisan, yaitu kerak Bumi, mantel Bumi, dan inti Bumi. Nah, bayangkan kulit buah alpukat itu adalah bagian kerak Bumi. Daging buah alpukat adalah mantel Bumi. Sedangkan biji buah alpukat adalah inti Bumi.
Bumi seperti alpukat (Ilustrator: @silviaanugrah)

Bagian kulit dari biji buah alpukat ini diibaratkan seperti inti Bumi terluar ( outer core ). Sedangkan bagian dalam bijinya diibaratkan seperti inti Bumi terdalam ( inner core ).

Nah. untuk lebih jelasnya lagi, yuk, kita pelajari lebih mendalam.

Lapisan Bumi

Lapisan Bumi (Ilustrator: @silviaanugrah)

Kerak Bumi

Kerak Bumi adalah lapisan terluar dari Bumi kita. Lapisan ini terdiri dari berbagai macam batuan, tanah, dan semua yang bisa kita lihat di atas permukaan Bumi.  Kerak Bumi di daratan ketebalannya sekitar 3x lebih tebal dari kerak yang ada di dasar lautan.

Di bawah kerak Bumi terdapat lapisan yang membatasi kerak Bumi dengan mantel Bumi. Lapisan ini disebut Diskontinuitas Mohorovicic atau sering disebut Moho. Moho terletak sekitar 5-7 kilometer di bawah dasar laut atau sekitar 75 kilometer di bawah permukaan daratan.

Mantel Bumi

Di bawah Moho terdapat mantel Bumi yang merupakan lapisan terbesar yang membentuk Bumi. Jumlahnya sekitar 85% dari massa Bumi.  Mantel Bumi terdiri dari campuran material cair, padat dan gas dengan suhu yang tinggi.  Material di lapisan mantel Bumi kaya akan kandungan magnesium.  Mantel Bumi terbagi menjadi mantel atas yang bersifat plastis (mengalami perubahan bentuk) hingga semi plastis, dan mantel bawah yang bersifat padat.

Di antara mantel Bumi dan inti Bumi terdapat lapisan yang disebut Diskontinuitas Gutenberg, letaknya sekitar 2.900 kilometer di bawah permukaan Bumi.

Pada kerak Bumi terdapat berbagai macam batuan, tanah, dan semua yang bisa kita lihat di atas permukaan Bumi.
Kerak Bumi (Ilustrator: @silviaanugrah)

Inti Bumi

Inti bumi terbagi menjadi dua bagian, yaitu inti Bumi terluar ( outer core ) dan inti Bumi terdalam ( inner core ).  Lapisan Inti Bumi terluar terdiri dari cairan yang sangat panas yang disebut dengan lava.  Lava merupakan cairan panas yang terdiri dari batuan besi dan nikel.  Sedangkan inti Bumi terdalam merupakan bola padat yang terdiri dari material besi dan nikel yang lebih padat.  Inti Bumi terdalam ini adalah lapisan terpanas dari Bumi, lho! Diperkirakan suhunya menyerupai suhu pada permukaan Matahari yaitu bisa mencapai 5000⁰C. Waaah pasti panas sekali!

Kalau kerak Bumi itu lapisan paling tipis pada Bumi, berarti seluruh penghuni Bumi sangat kecil ya jika dibandingkan dengan ukuran Bumi yang sangat besar dan luas.
sainspop junior – Bumi seperti Alpukat (Ilustrator: Keni)

Hi semua! Kakak adalah seorang ibu rumah tangga lulusan S1 Kimia yang tertarik dengan dunia sains anak. Yuk kita sama-sama belajar sains bersama Sasa dan Popo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *