Bumi, Rumah Kita yang Spesial

Sobat Sains disini punya pertanyaan yang samakah dengan sasa dan popo? Dari sekian banyak planet yang ada di Tata Surya kita, masing-masing planet memiliki keunikannya masing-masing. Tapi, dari sekian banyak planet yang ada di seluruh alam semesta, planet kitalah yang paling spesial. Kok bisa? Karena, sampai saat ini planet Bumi adalah satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. 

Mengapa bisa begitu?

Ada banyak hal yang menyebabkan ada kehidupan di Bumi, diantaranya:

1. Bumi kita memiliki oksigen

Ada oksigen berarti makhluk hidup bisa bernapas. Planet kita mengandung 21% Oksigen, 78% Nitrogen, dan 1% gas lainnya seperti Karbon dioksida, Argon, dan Neon . Komposisi ini ternyata pas untuk kehidupan.

2. Bumi kita tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin

Bumi merupakan planet ketiga dari Matahari. Tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh. Planet kita tidak sepanas Venus, juga tidak sedingin Neptunus. Hal ini mengakibatkan suhu udara di planet kita nyaman untuk untuk ditinggali makhluk hidup.

Walaupun ada juga sih tempat di Bumi yang sangat dingin, seperti di kutub Utara dan Selatan. Atau sangat panas seperti di Gurun Sahara.

3. Bumi kita memiliki air

Semua makhluk hidup butuh air. Planet kita disebut planet Biru karena 70% permukaannya diselimuti air. Daratan yang kamu pijak ternyata hanya 30% dari permukaan Bumi. Kondisi suhu di Bumi juga membuat air tidak cepat menguap.

Foto Bumi yang diambil oleh kamera NASA bernama EPIC dari jarak 1.6 juta km. Dari foto ini terlihat bahwa permukaan Bumi paling banyak diselimuti air.
Foto Bumi yang diambil oleh kamera NASA bernama EPIC dari jarak 1.6 juta km. (Sumber: NOAA/NASA EPIC Team)

4. Kita dilindungi atmosfer!

Selain menyediakan udara untuk kita bernapas, atmosfer Bumi juga melindungi kita dari kuatnya sinar matahari. Tanpa atmosfer kita, suhu di permukaan Bumi akan jauh lebih panas. Atmosfer juga melindungi kita dari meteor.

Setiap tahunnya, ada ribuan meteor kecil yang masuk ke atmosfer Bumi. Meteor ini akan jatuh terbakar di lapisan atmosfer kita sebelum sampai ke permukaan. Ada yang habis terbakar di atmosfer atau jatuh sebagai batuan kecil. Kamu juga dapat mempelajari tentang meteor dan benda langit lainnya di sini.

Kiri: Meteor yang memasuki atmosfer Bumi terlihat seperti “bintang jatuh” di foto pada tahun 2016 di West Virginia (Sumber: NASA/Bill Ingalls). Kanan: Pecahan batu meteor (meteorit) yang jatuh ke Gurun Nubian di Sudan pada tahun 2008 (Sumber: NASA/SETI/P. Jenniskens)

Kondisi planet kita yang spesial ini menjadi rumah bagi begitu banyak jenis makhluk hidup. Mulai dari makhluk hidup yang sangat kecil yang bahkan tidak bisa kamu lihat. Sampai makhluk hidup yang sangat besar.

Walaupun Bumi adalah rumah kita sendiri, masih banyak hal yang bisa dipelajari dari manusia. Ada banyak cabang ilmu yang mempelajari tentang Bumi. Ada geologi, geofisika, geodesi, hidrologi, oseanografi, dan masih banyak lagi.

Halo, adik-adik, nama kakak Amalia. Kakak mengajar sains dasar di salah satu sekolah swasta. Kakak akan mencoba membantu kamu untuk memahami sains dengan lebih mudah bersama Sasa dan Popo. Yuk, ikuti terus petualangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *