Apakah Setiap Tumbuhan Memiliki Fungsi Akar yang Sama?

Jadi, wortel dan bengkoang itu buah atau akar? Atau sayur? Siapa yang benar di antara Sasa dan Popo?

Umbi Akar

Wortel dan bengkuang merupakan bagian dari akar tumbuhan. Akar ini menyimpan cadangan makanan atau dikenal sebagai umbi akar. Beberapa tanaman memiliki akar yang dapat dimakan seperti wortel, lobak, bengkoang, singkong, dan ubi. Jenis akar mengandung nutrisi yang sangat baik tubuh kita. Ada karbohidrat, serat, protein, dan juga vitamin. Jadi, akar tidak hanya bermanfaat untuk tumbuhan, ya. Manusia juga bisa memanfaatkan akar tumbuhan sebagai makanan.

Umbi akar biasanya tersimpan di dalam tanah. Tapi apakah semua akar terletak dalam tanah? Ternyata tidak! Ada juga lho akar yang tidak tumbuh di dalam tanah.

Coba kalian perhatikan foto di bawah ini. Ada pohon beringin, pohon bakau, pohon sirih, dan pohon pandan. Pohon ini merupakan contoh tanaman yang akarnya berada di luar tanah.

Pohon beringin dan pohon bakau memiliki jenis akar nafas. Pohon sirih memiliki jenis akar pelekat dan pohon pandan memiliki jenis akar tunjang. Jenis akar ini memiliki fungsi yang berbeda-beda
Akar nafas (pohon beringin dan pohon bakau), akar pelekat (pohon sirih), dan akar tunjang (pohon pandan). Foto Pohon Sirih: Md. Shahnoor Habib (CC BY-SA 3.0); Pohon Pandan: David Eickhoff (CC BY 2.0) via Wikimedia Commons

Keempat pohon ini juga memiliki jenis dan fungsi akar yang beragam lho!

Akar Nafas

Coba perhatikan foto pohon beringin. Dari bagian batang, keluar akar yang menggantung menuju ke bawah. Akar ini disebut sebagai akar nafas. Akar nafas menolong penyerapan air dan zat gas dari udara.

Pada tanaman bakau, kalian dapat menemukan akar yang tumbuh tegak lurus dan muncul ke permukaan tanah. Akar ini berfungsi membantu proses pernafasan tumbuhan sehingga disebut dengan akar nafas.

Akar Pelekat

Nah, sekarang perhatikan akar pada tanaman sirih yang tumbuh merambat. Pada ruas batang tanaman sirih, muncul akar yang menempel pada penunjangnya. Akar ini disebut dengan akar pelekat. Seperti namanya, akar pelekat berfunsi melekaktkan tanaman agar dapat kuat merambat.

Akar Tunjang

Yuk, perhatikan foto tanaman pandan! Apakah kamu melihat akar yang muncul dari bagian bawah batang ke segala arah? Akar ini menunjang batang agar tidak sampai rebah. Oleh karena itu jenis akar ini disebut akar tunjang.

Ternyata, tumbuhan memiliki jenis akar dengan fungsi yang berbeda-beda ya. Selain berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah, ternyata ada juga fungsi lainnya. Seperti tempat menyimpan makanan, membantu pernafasan, dan menunjang batang. Perbedaan ini terjadi karena bentuk dan tempat hidup tumbuhan yang berbeda-beda.

Kamu juga dapat mempelajari tentang sistem akar pada tumbuhan di sini.

Pemelajar makhluk hidup terutama tumbuhan dan lingkungannya yang menyelesaikan S1 Biologi Unair dan S2 Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman IPB.