Batang Tumbuhan, Sumbu Tanaman yang Memiliki Peran Penting

Coba lihat tumbuhan di sekelilingmu. Apakah ada yang memiliki batang besar seperti yang dilihat Sasa dan Popo? Apakah kamu bisa menjawab pertanyaan Sasa?

Batang adalah salah satu dari bagian tubuh tumbuhan. Fungsinya tidak kalah penting dari akar loh! Bagi tanaman, batang memiliki peran yang penting antara lain:

1. Mendukung daun, bunga, dan buah.

Batang menempatkan daun di tempat yang terkena cahaya matahari sehingga daun bisa berfotosintesis. Batang juga meyediakan tempat yang aman untuk bunga dan buah.

2. Sebagai Sarana Transportasi

Kamu bisa bayangkan batang seperti jalan raya tempat mobil, truk, motor, dan transportasi darat lainnya berlalu lalang. Bedanya, pada batang yang berlalu lalang adalah air, unsur hara, dan makanan.

Pada batang ada xylem dan floem yang berfungsi seperti kendaraan. Xylem adalah bagian yang berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju daun. Lalu, ada floem berfungsi menyebarkan makan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

3. Sebagai penyimpan makanan dan menguatkan tumbuhan.

Batang memiliki jaringan meristem yang selalu membelah menjadi sel baru. Inilah yang membuat tumbuhan dapat bertambah tinggi pada ujungnya. Batang juga memiliki yang membuat diameter batang bertambah lebar. Jadi jika kamu melihat pohon dengan batang yang tinggi dengan diameter yang lebar, sudah tahu kan penyebabnya?

Jika kambium membuat batang lebar, lalu apa yang membuat batang tumbuhan yang dipegang Popo keras? Jawabannya karena sel tumbuhan mengandung selulosa dan lignin. Kedua zat ini membuat tumbuhan menjadi kaku dan kuat.

Bagian lain dari batang

Pada batang terdapat tempat duduk daun atau disebut nodus. Ada juga ruas atau internodus. Batang suatu tumbuhan ada yang bercabang ada yang tidak. Adanya cabang ini membantu menempatkan daun untuk mendapatkan sinar matahari. Contoh tanaman yang memiliki batang bercabang yaitu mangga, angsana dan belimbing. Sedangkan tanaman yang tidak memiliki cabang contohnya yaitu jagung, tebu, dan padi.

Batang tumbuhan (Ilustrator: Sesilia Niken)

Cabang besar yang langsung keluar dari batang pokok disebut dahan atau ramus. Sedangkan cabang yang kecil dinamakan ranting atau ramulus.

Kalau kalian melihat pohon kelapa bagaimana bentuknya? Bulat seperti silinder bukan? Lalu apakah semua batang berbentuk seperti itu?

Macam-macam bentuk batang (Ilustrator: Sesilia Niken)

Secara umum bentuk batang adalah bulat memanjang seperti silinder. Namun ada juga tumbuhan yang memiliki bentuk lain. Ada tumbuhan yang batangnya pipih seperti batang kaktus atau yang berbentuk segi empat seperti batang markisa. Apakah di sekitar rumahmu ada tanaman dengan bentuk batang ini? Tanaman apakah itu?

Walaupun bentuk batang tumbuhan dapat berbeda satu sama lain, batang memiliki peran yang sama pada tumbuhan.

Pemelajar makhluk hidup terutama tumbuhan dan lingkungannya yang menyelesaikan S1 Biologi Unair dan S2 Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman IPB.

1 comment