MENGENAL BENDA-BENDA LANGIT

Nah, ada yang tahukah jawaban dari diskusi Sasa dan Popo di atas? Benarkah benda langit yang biasa kita sebut bintang jatuh itu sebenarnya adalah meteor?

Agar kita bisa mengetahui jawabannya, yuk, kita pelajari berbagai macam benda-benda yang ada di langit. 

Ternyata, benda-benda langit itu banyak jenisnya lho Sobat Junior. Beberapa diantaranya yang bisa kita lihat secara langsung adalah bintang dan bulan. Apa saja ya benda-benda langit itu?

  1. Bintang
Matahari sebagai bintang di tata surya kita

Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri, salah satunya yaitu matahari. Matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi sekaligus sebagai pusat tata surya di mana benda-benda langit di tata surya mengitarinya

2. Planet

Planet-planet yang ada di tata surya

Planet merupakan benda langit yang mengorbit mengelilingi matahari. Ada delapan planet dalam tata surya kita. Planet-planet tersebut yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Planet tidak memancarkan cahayanya sendiri. Adapun planet yang terlihat bercahaya, itu karena planet tersebut memantulkan cahaya dari matahari. 

3. Satelit

Contoh satelit buatan pada orbit bumi

Satelit merupakan benda langit yang mengorbit pada suatu planet. Ada dua jenis satelit yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami merupakan satelit yang memang sudah ada dalam tata surya. Sedangkan satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia. Bulan merupakan satelit alami bumi. 

4. Asteroid

Asteroid

Asteroid merupakan benda langit yang berukuran kecil dan terbentuk dari sisa-sisa pembentukan planet. Asteroid mengelilingi matahari pada lintasan tertentu. Jumlahnya sangatlah banyak dan dengan teratur berkumpul mengelilingi matahari membentuk sabuk asteroid.

5. Meteorid

Meteroid yang mendekati bumi

Meteroid merupakan benda langit dengan ukuran kecil. Meteorid terbentuk  dari asteroid yang saling berbenturan. Meteroid tidak memiliki lintasan dan hanya melayang-layang di angkasa. Meteorid bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi. Meteorid dapat mendekati bumi bahkan memasuki bumi. Meteorid yang memasuki atmosfer disebut dengan meteor. Meteor inilah yang sering kita sebut sebagai bintang jatuh. Apabila meteor tersebut berhasil melewati atmosfer dan sampai pada permukaan bumi maka disebut dengan meteorit.

6. Komet

Komet

Komet merupakan benda langit yang terbentuk dari kumpulan debu, es dan gas yang membeku. Tidak seperti planet yang memiliki orbit bulat, komet memiliki orbit berbentuk lonjong. Komet dijuluki sebagai bintang berekor karena bercahaya dan memiliki ekor. Terkadang komet mengorbit mendekati bumi sehingga kita dapat melihatnya.

7. Galaksi

Galaksi

Galaksi merupakan sekumpulan benda langit yang terdiri dari bintang, gas, debu, dan benda langit lain yang terikat oleh suatu sistem gravitasi. Terdapat banyak sekali galaksi di alam semesta ini, diantaranya yaitu galaksi Mata Hitam, Bima Sakti, Andromeda, Sunflower dan galaksi Tedpole. 

Lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki ketertarikan untuk menulis. Mari ikuti petualangan Sasa dan Popo dalam mengetahui dan memahami sains dengan cara yang asik dan lebih mudah!

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *