Simbiosis Parasitisme, Usaha untuk Bertahan Hidup

Komik simbiosis parasitisme (Ilustrator: Keni)

Simbiosis parasitisme adalah salah satu hubungan antarmakhluk hidup dalam suatu ekosistem. Pada simbiosis parasitisme, ada pihak yang diuntungkan ada juga pihak yang dirugikan. Bunga Rafflesia arnoldii tidak bisa menghasilkan makanan sendiri. Bunga ini mendapatkan keuntungan dengan menumpang pada tanaman lain atau bisa kita sebut sebagai tanaman inang. Makanan yang dimiliki tanaman inang diserap oleh bunga yang juga disebut padma raksasa ini. Tanaman inang adalah tempat tinggal dan makanan gratis bagi bunga ini.

Namun, sayangnya bunga Rafflesia arnoldii malah merugikan tanaman inang. Bagaimana tidak, makanan yang seharusnya untuk tanaman inang, diambil juga oleh bunga ini. Akibatnya tanaman inang akan kekurangan nutrisi. Makanya bunga ini bisa disebut tanaman parasit. Mirip seperti bunga Rafflesia arnoldi, ada juga tali putri yang menjadi parasit di tanaman lain 

Apa lagi ya, contoh simbiosis parasitisme? Yuk, kita lihat bersama-sama!

Banyak nyamuk di rumahku

Apakah kamu pernah digigit nyamuk? Ternyata, selain membuat badan kita terasa gatal, nyamuk pun bisa juga menularkan penyakit. Tapi, tahukah kamu hanya nyamuk betina yang menggigit kita. Nyamuk betina membutuhkan darah kita dan hewan untuk perkembangbiakan telurnya. Jika sudah mendapatkan darah yang cukup, ia akan mencari tempat untuk bertelur. Hewan ini juga sumber penyakit dari demam berdarah dan malaria. Hati-hati, ya!

Nyamuk betina menghisap darah

Burung Cuckoo dan Cowbird yang Licik

Biasanya saat akan bertelur, burung membangun sarang untuk menjadi rumah bagi telur-telurnya. Namun tidak dengan burung cuckoo dan cowbird. Bukannya membuat sarang dan mengasuh sendiri, mereka lebih memiliki jalur yang cepat. Yaitu, menitipkan telurnya di sarang burung lain dengan harapan burung lain atau induk inang ini akan mengasuh telurnya.

Agar induk inang tidak curiga dengan kehadiran telur baru, kamu tahu apa yang dilakukan burung ini? Ia akan membuang telur inang dan menukar dengan anaknya. Burung yang kejam bukan?

Burung cuckoo yang meninggalkan telurnya di sarang lain (Ilustrator: Sesilia Niken)

Musuhnya para petani

Tikus dan petani memiliki hubungan yang tidak akur. Lebih tepatnya kalau petani yang terganggu dengan kehadiran tikus. Yup, tikus bisa dibilang adalah hama bagi para petani. Bagaimana tidak kesal, saat padi sudah mulai berisi, tikus akan memakan padi ini. Jadi rusak deh padi yang niatnya mau dipanen. Kalaupun padi belum terlalu berisi, tikus akan menggigiti batang padi untuk mengasah giginya. Tanaman padi jadi rusak bahkan sebelum berisi. Apakah di rumahmu ada tikus? Bagaimana kelakukan tikus di rumahmu?

Tikus yang menggigiti batang padi (Ilustrator: Sesilia Niken)

Ulat kecil yang banyak makan 

Ulat membutuhkan makanan yang banyak sebelum bermetamorfosis menjadi kepompong. Sehari-harinya mereka hanya sibuk makan dan beristirahat ketika terlalu kenyang. Jika populasi ulat dalam 1 pohon banyak, tentu ini merugikan. Daun-daun yang bertugas dalam proses fotosintesis habis dimakan mereka.

Ulat yang memakan daun

Oleh karena itu. bagi para petani ulat termasuk hama. Karena ulat merusak tanaman mereka. Tidak hanya daun, mereka pun bisa makan bagian tumbuhan yang lain.

Ulat yang memakan buah

Pada simbiosis parasitisme, parasit mengganggu atau menyakiti inangnya. Namun, mereka tidak berniat sampai membunuh karena mereka bergantung pada inang ini untuk bertahan hidup. 

Komik simbiosis parasitisme (Ilustrator: Keni)

Simbiosis, baik itu mutualisme, komensalisme, dan parasitisme, adalah sebuah usaha untuk bertahan hidup. Adanya simbiosis parasitisme pada sebuah ekosistem, mencirikan ekosistem yang sehat dan harmonis. Tentunya dalam populasi yang tidak berlebihan.

Halo, adik-adik, nama kakak Amalia. Kakak mengajar sains dasar di salah satu sekolah swasta. Kakak akan mencoba membantu kamu untuk memahami sains dengan lebih mudah bersama Sasa dan Popo. Yuk, ikuti terus petualangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *