FOTOSINTESIS

Tumbuhan itu sebenarnya juga membutuhkan makanan loh! Hanya saja tumbuhan tidak bisa mencari dan berburu makanannya seperti hewan dan manusia. Tumbuhan dapat menghasilkan makanannya sendiri dengan cara memasak. Proses memasak ini disebut fotosintesis. Proses fotosintesis merupakan proses yang sangat penting tidak hanya bagi tumbuhan, namun bagi semua makhluk hidup di bumi. Kok bisa?

Ayo Memasak!

Secara umum proses fotosintesis adalah proses perubahan energi cahaya menjadi energi kimia. Agar proses ini dapat terjadi, tumbuhan memerlukan cahaya matahari, air, karbon dioksida, dan klorofil. Klorofil adalah zat pemberi warna hijau pada daun. Tugas utamanya adalah menyerap sinar matahari. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan daun berwarna hijau. Namun, ada juga kan daun yang berwarna kuning, merah ataupun hitam? Apakah mereka masih memiliki klorofil?

Pada tumbuhan seperti begonia yang berwarna coklat, bayam merah, serta maple jepang yang berwarna kuning kemerahan, daunnya tetap memiliki klorofil, loh! Hanya saja klorofil di daun tersebut jumlahnya tidak dominan.  Tumbuhan-tumbuhan tersebut memiliki pigmen/warna lain yang lebih pekat sehingga tidak berwarna hijau. Jadi, tumbuhan dengan daun berwarna selain hijau, tetap dapat berfotosintesis, ya! Untuk membuktikannya, kita bisa melakukan eksperimen ekstraksi klorofil dari daun-daun yang bukan hijau. Untuk mengetahui tahapan eksperimennya, kalian bisa klik disini, ya!

Setelah proses memasak di daun berlangsung, tumbuhan akan menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udara untuk digunakan manusia dan hewan bernapas. Makanan (karbohidrat) yang dihasilkan akan dihantarkan kembali ke batang dan bagian tubuh tumbuhan lainnya. Tanaman menggunakan makanan tersebut sebagai sumber energi untuk tumbuh. Kelebihan makanan hasil fotosintesis akan disimpan dalam bentuk cadangan makanan. Pada saat tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis, seperti musim kemarau yang mengakibatkan tidak ada air, tumbuhan akan memanfaatkan cadangan makanannya untuk tumbuh.

Peristiwa fotosintesis terjadi di dalam daun hanya ketika pagi hingga sore hari atau selama ada sinar matahari, ya. Energi kimia yang dihasilkan berupa karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat digunakan sebagai sumber makanan oleh tumbuhan, sedangkan oksigen akan dilepaskan tumbuhan dan dimanfaatkan oleh manusia atau hewan untuk bernapas. Ingat! Manusia dan hewan membutuhkan oksigen untuk bernapas, tiap detik! Jadi tanpa adanya tumbuhan, bisa jadi kita akan kesulitan bernapas. Itulah mengapa selain sangat penting bagi tumbuhan, proses fotosintesis juga sangat penting bagi makhluk hidup lainnya.

Nama panggilan saya Ayu. Lahir di kota paling timur di Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi. Ketika kecil saya hidup berpindah-pindah dari pulau Bali hingga NTT mengikuti pekerjaan orang tua. Saya menamatkan pendidikan Sarjana Kimia di Universitas Negeri Malang dan Magister Kimia di Institut Teknologi Bandung. Tahun lalu, saya berkesempatan berbagi ilmu sebagai Guru SAINS di salah satu SD Swasta di Bandung. Saat ini, saya aktif menekuni bisnis farmasi bersama suami dan menjadi kontributor penulis di blog ini :)

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *