Mengganti Energi Fosil dengan Energi Terbarukan

Tahukah kamu, bahwa matahari bisa digunakan sebagai sumber energi listrik? Matahari adalah salah satu sumber energi terbarukan. Apa sih, energi terbarukan itu? Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber alami dan tidak bisa habis. Energi ini memiliki banyak keuntungan dibandingkan energi fosil, loh!

keunggulan energi terbarukan, dari sumber alami, tidak akan habis, dan ramah lingkungan
Keunggulan energi terbarukan (Ilustrator: Keni)

Lalu apa sajakah sumber energi yang termasuk energi terbarukan? Yuk kita lihat sama-sama!

1. Air

Bagaimana air bisa menjadi sumber energi? Coba kamu bayangkan air yang mengalir. Memiliki energi gerak, bukan? Nah, gerakan air ini bisa kita manfaatkan menjadi sumber energi. Dengan memasang kincir air (atau turbin) pada air yang mengalir, kincir ini akan bergerak. Putaran kincir air ini akan memutar generator. Generatorlah yang nanti akan membangkitkan listrik.

Kincir air adalah teknologi pemanfaatan energi tertua, loh! Di negara kita pun PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) sudah tersebar di banyak tempat. Daerah-daerah yang memiliki sungai bisa memanfaatkan air untuk menjadi PLTA.

air mudah didapat, tidak akan habis dan tidak menyebabkan polusi. cocok sebagai energi alternatif
Air sebagai sumber energi alternatif (Ilustrator: Keni)

2. Angin

Kamu pernah membuat kincir angin dari kertas? Nah, prinsip menggunakan angin sebagai sumber energi mirip seperti itu. Kincir angin disimpan di tempat yang banyak anginnya. Jadi, angin ini yang berhembus ini akan menggerakan kincir (turbin angin). Putaran kincir ini akan memutar generator dan membangkitkan listrik.

Indonesia sudah mulai membangun PLTB (pembangkit Listrik Tenaga Bayu) di Pulau Sulawesi. Memang tidak semua tempat bisa memakai PLTB karena bergantung dengan banyaknya angin di daerah tersebut.

Angin tidak akan habis, bebas polusi, dan gratis. Cocok sebagai sumber energi alternatif
Angin sebagai sumber energi alternatif (Ilustrator: Keni)

3. Matahari

Matahari adalah sumber energi panas dan cahaya terbesar yang ada di bumi. Makhluk hidup juga menggunakan matahari untuk sumber energi utama. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan panel surya atau solar cell. Cahaya yang ditangkap panel surya akan berubah menjadi energi kimia kemudian dirubah menjadi energi listrik.

Matahari tidak akan habis, bebas polusi, dan gratis. Cocok sebagai sumber energi alternatif
Matahari sebagai sumber energi alternatif (Ilustrator: Keni)

4. Panas Bumi

Energi ini asalnya dari lapisan panas yang ada di perut bumi. Untuk memperoleh energi ini, kita perlu mengebor tanah yang daerahnya berpotensi memiliki panas bumi. Tujuannya untuk membuat lubang gas panas. Umumnya energi panas bumi (bisa juga disebut geothermal) ini ditemukan di kawasan gunung berapi yang masih aktif.

Gas panas yang keluar ini nantinya dipakai untuk menghasilkan uap air. Uap air ini akan menggerakan turbin dan menghasilkan listrik. Sayangnya tidak semua tempat memiliki potensi sumber energi panas bumi. Namun Indonesia sangat beruntung karena memiliki cukup banyak sumber ini.

Panas Bumi ramah lingkungan dan tidak akan habis. cocok sebagai sumber energi alternatif
Panas bumi sebagai sumber energi alternatif (Ilustrator: Keni)

6. Biogas

Kotoran manusia dan hewan, limbah rumah tangga, dan sampah organik lainnya bisa diolah dan menghasilkan yang namanya biogas. Biogas ini mirip seperti elpiji, jadi bisa menghasilkan api dan dipakai untuk kompor. Beberapa peternakan sapi di Indonesia sudah mengolah kotoran sapinya menjadi biogas. Seperti yang dilakukan oleh para peternak di Lembang, Jawa Barat.

Biogas ini kemudian bisa diolah kembali menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg). Daerah Jambi dan Bangka Belitung sudah memiliki PLTBg dari limbah kelapa sawit.

Biogas energi alternatif dari kotoran ternak dan limbah organik lainnya
Dari kotoran bisa menjadi biogas untuk energi alternatif (Ilustrator: Keni)

6. Biodiesel

Biodiesel merupakan energi yang berasal dari tumbuhan dan bisa menggantikan minyak bumi. Sumber energi biomassa berasal dari limbah-limbah tumbuhan. Misalnya sisa-sisa nabati seperti jagung, tebu, kayu, kedelai, kelapa sawit, dan masih banyak lagi. Sebenarnya mirip juga ya dengan Biogas sumbernya. Namun, biodiesel berbentuk cair, mirip seperti bensin atau solar. Sedangkan biogas berbentuk gas.

Limbah organik ini kemudian dibawa ke tempat pengolahan khusus untuk mengubahnya menjadi bahan bakar.Hasilnya nanti bisa dipakai untuk bahan bakar mobil atau listrik.

Biodiesel energi alternatif dari limbah atau sampah organik seperti tumbuh-tumbuhan
Dari limbah organik bisa menjadi biodisel untuk pengganti bensin (Ilustrator: Keni)

7. Energi Gelombang Laut

Apa yang khas dari air laut? selain rasanya asin tentu saja. Ombak! Kita bisa menyebutnya gelombang laut. Mirip seperti pembangkit listrik dari air, energi gerak yang dimiliki gelombang laut akan dipakai untuk menggerakan turbin.

Terjadinya pasang surut air laut juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi. Pasang surut rutin terjadi setiap hari. Gelombang yang dihasilkan saat pasang surut ini bisa dimanfaatkan untuk menggerakan turbin. Namun energi ini masih jarang digunakan.

Pantai memiliki gelombang laut, pasang surut, dan angin sebagai sumber energi alternatif
Angin di pantai menambah potensi energi alternatif (Ilustrator: Keni)

walaupun prinsip pembangkit listrik sama, namun semuanya memerlukan teknologi yang berbeda
Sasa, Popo, dan Profesor (Ilustrator: Keni)

Halo, adik-adik, nama kakak Amalia. Kakak mengajar sains dasar di salah satu sekolah swasta. Kakak akan mencoba membantu kamu untuk memahami sains dengan lebih mudah bersama Sasa dan Popo. Yuk, ikuti terus petualangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *