Krisis Energi, Benarkah Energi bisa Habis?

Saat ini sumber energi terbesar di dunia berasal dari energi fosil, yaitu minyak, batu bara, dan gas alam. Energi ini tersedia di alam. Lalu mengapa bisa jadi krisis energi?

gambar kota jakarta di malah hari yang diterangi oleh cahaya lampu
Pemandangan malam hari di Ibu kota Jakarta

Kota-kota besar seperti Jakarta, membutuhkan sumber energi yang sangat besar. Sebagian besar energi tersebut dipakai untuk penerangan kota dan pemakaian listrik untuk alat-alat elektronik. Energi untuk membangkitkan listrik tersebut berasal dari pembangkit yang menggunakan minyak dan batu bara.

Selain itu alat transportasi seperti mobil, motor, dan bus banyak di perkotaan. Bensin dan solar yang dipakai sebagai bahan bakar transportasi ini berasal dari minyak bumi. 

Energi fosil ini berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang tertimbun di tanah selama berjuta-juta tahun. Pembentukannya yang sangat lama, membuat energi fosil ini bisa habis. Makanya, energi fosil disebut sebagai energi yang tidak bisa diperbarui. Istilah populernya non-renewable energy.

Komik Sasa Popo, Prediksi minyak bumi dunia habis dalam waktu 50 tahun
Sasa dan Popo mencari tahu kapan energi habis. (Ilustrator: Keni)

Bagaimana dunia tanpa energi?

Rote Ndao adalah sebuah pulau di NTT. Suplai minyak untuk kebutuhan energi di pulau ini dikirim dari Kupang melewati jalur laut. Jika terjadi gelombang laut yang sangat tinggi, maka kapal dari Kupang tidak bisa berlayar karena terlalu berbahaya. Gelombang laut ini bisa terjadi dalam waktu yang lama. Akibatnya tidak ada kapal yang datang untuk mengirim minyak.

Lalu apa yang terjadi?

Orang-orang mulai mengantre panjang di tempat penjualan bensin. Mereka takut kehabisan bensin untuk bahan bakarnya nanti. Akibatnya bensin menjadi langka dan mahal. Listrik pun hanya dinyalakan di jam-jam tertentu. Tujuannya untuk menghemat sisa minyak yang ada sampai kapal bisa kembali datang.

Ini bisa terjadi selama seminggu. Tapi kira-kira seperti itulah gambaran hidup di dunia yang terjadi krisis energi.

Beralih ke energi terbarukan

Pilihan lain selain menggunakan energi fosil adalah dengan memanfaatkan sumber energi yang selalu tersedia. Energi ini disebut energi yang dapat diperbarui. Istilah populernya energi terbarukan atau renewable energy.

Apa maksudnya?

Artinya sumber energi ini tidak dapat habis. Air, matahari, dan angin adalah salah satu contoh energi terbarukan. Kamu bisa membaca lebih lengkap mengenai energi terbarukan di sini.

Sasa melihat pembangkit listrik menggunakan panel surya dan bertanya mengapa kita tidak langsung mengganti ke energi terbarukan
Sasa di pembangkit listrik tenaga matahari (Ilustrator: Keni)

Saat ini memang banyak negara yang sudah mulai membangun pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan. Indonesia pun sudah memiliki pembangkit listrik dari angin di daerah Sulawersi.

Namun teknologi untuk membangkitkan listrik dari energi terbarukan bukanlah teknologi yang murah. Selain itu, para ahli juga masih banyak mempelajari mengenai teknologi ini. 

Komik Sasa Popo. Profesor menjelaskan peralihan ke energi terbarukan tidak mudah, maka kita tetap perlu menggunakan energi dengan bijak
Profesor menjelaskan kepada Sasa dan Popo. (Ilustrator: Keni)

Kira-kira bagaimana ya menggunakan energi dengan bijak itu?

Halo, adik-adik, nama kakak Amalia. Kakak mengajar sains dasar di salah satu sekolah swasta. Kakak akan mencoba membantu kamu untuk memahami sains dengan lebih mudah bersama Sasa dan Popo. Yuk, ikuti terus petualangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *