Tubuh Tumbuhan
Tagged Tags: , , , ,

Tumbuhan merupakan makhluk hidup sama seperti manusia. Hanya saja tumbuhan tidak dapat bergerak. Jika manusia memiliki tangan, kaki, mulut dan sebagainya untuk bisa hidup, tumbuhan juga memiliki bagian-bagian tubuh agar bisa hidup sehat. Bagian tubuh tersebut memiliki tugas berbeda-beda. Coba sebutkan apa saja bagian tubuh tumbuhan yang pernah kalian lihat?. Bagian utama tubuh tumbuhan untuk dapat hidup adalah akar, batang dan daun.

Akar bertugas untuk menyerap air dan zat makanan di tanah kemudian diangkut ke bagian tubuh tumbuhan lainnya. Apakah kalian melihat akar pada tumbuhan yang kalian amati? Kira-kira dimana letaknya? 

Benar, akar terletak didalam tanah. Akar menancap kedalam tanah sehingga berfungsi untuk memperkuat berdirinya tumbuhan. Akar menyebar luas di dalam tanah sehingga ketika ada angin kencang tanaman tetap kuat dan terus berdiri tegak.

Bagian tumbuhan selanjutnya yaitu batang. Batang memiliki tugas mendukung daun, bunga dan buah serta sebagai jalan pengangkutan air dan zat makanan yang diambil akar dari tanah. Bisakah kalian melihat batang? Bagaimana bentuknya? Batang membuat tanaman semakin tinggi karena ujung batang selalu bertambah panjang. Batang biasanya memiliki cabang dan ranting kecil sehingga membuat tumbuhan dapat dijadikan tempat berteduh.

Daun merupakan alat tumbuhan yang memiliki tugas sebagai tempat memasak makanan (fotosintesis) dan pernafasan. Jumlah daun dalam 1 tumbuhan bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Apakah warna daun pada tumbuhan yang kalian lihat? Kebanyakan daun tumbuhan berwarna hijau namun ada juga daun yang memiliki warna lain seperti merah, kuning atau ungu. 

Hem… kenapa ya tempat memasak tumbuhan ada di daun? Hal itu karena daun memiliki zat warna yang disebut sebagai klorofil. Klorofil ini akan menyerap matahari yang berguna untuk fotosintesis.

Bagian tubuh lain yang tak kalah penting untuk tumbuhan adalah bunga. Bunga merupakan alat perkembang biakan tumbuhan. Bunga memiliki banyak bentuk dan warna yang indah. Dengan adanya bunga, tumbuhan dapat menghasilkan buah dan biji. Buah merupakan lanjutan perkembangan bakal buah yang terdapat pada bunga. Perkembangan lanjutan ini terjadi setelah terjadi penyerbukan. Didalam buah terdapat biji yang nantinya akan menjadi tumbuhan baru. Nah, sekarang kita sudah tahu kalau tumbuhan memiliki bagian-bagian tubuh yang punya tugas masing-masing.

Pemelajar makhluk hidup terutama tumbuhan dan lingkungannya yang menyelesaikan S1 Biologi Unair dan S2 Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman IPB.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *