Simbiosis Komensalisme, Bantuan dari Sesama Makhluk Hidup

Kamu sudah tau kan apa itu simbiosis? Kalau kita pelajari lebih dalam, banyak loh hubungan yang menarik antar makhluk hidup. Pada simbiosis komensalisme, kita bisa melihat makhluk hidup yang suka menolong tanpa mengharapkan keuntungan apapun. Menarik bukan?

Ikan remora yang cerdik

Ikan remora suka terlihat berenang di sekitar tubuh ikan hiu atau hewan laut yang berbadan besar. Hewan ini pintar mencari perlindungan. Siapa yang berani memangsanya kalau ia berada di dekat hiu atau hewan besar lainnya bukan? Plus, ikan ini pun akan mendapatkan makanan dari sisa makanan hiu. Cerdik bukan? Ikan-ikan yang diikuti oleh remora pun tidak merasa terganggu dengan keberadaan ikan ini disekitarnya.

ikan remora yang berenang di sekeliling ikan hiu, contoh simbiosis komensalisme.
“Whaleshark, Daedalus Reef, Red Sea, Egypt – take 2” by Derek Keats, used under CC BY / Text added from original

Burung kuntul kerbau di sekitar hewan merumput

Burung kuntul kerbau ini suka mencari makanan di sekitar sapi, kerbau, atau hewan lain yang merumput. Pergerakan sapi di sekitar rumput membuat serangga-serangga yang ada di sana bergerak dan beterbangan. Ini memudahkan burung ini dalam mencari makanan. Sapi atau kerbau tidak terganggu dengan keberadaan burung ini.

Burung kuntul kerbau yang mencari makan di dekat sapi, contoh simbiosis komensalisme.

Tanaman paku yang Suka Menumpang

Mirip seperti tanaman anggrek, tanaman paku-pakuan juga ada yang suka ditemukan menumpang pada pohon-pohon besar. Dengan begitu, mereka lebih mudah mendapatkan sinar matahari. Tanaman ini bisa berfotosintesis, jadi bisa menghasilkan makanan sendiri. Sehingga pohon yang ditumpanginya tidak akan dirugikan.

Tanaman paku yang menumpang di pohon, contoh simbiosis komensalisme.

Rumah yang nyaman di pohon

Burung elang memerlukan rumah setelah terbang keliling mencari mangsa. Ia juga membangun sarang untuk menyimpan telur-telur. Lalu kira-kira dimana ya tempat yang aman dan nyaman untuk elang? Tentu saja pohon. Burung ini akan membangun sarangnya dari ranting-ranting pohon. Pohon tidak dirugikan dengan adanya sarang elang yang menumpang. Murah hati sekali ya pohon-pohon ini :).  

Burung elang yang membuat sarang di atas pohon, contoh simbiosis komensalisme.

Belajar dari alam melalui simbiosis komensalisme. Berikan bantua kepada siapapun yang membutuhkan

Menarik ya bukan simbiosis komensalisme pada suatu ekosistem! Yuk, pelajari juga tentang simbiosis lainnya bersama Sasa dan Popo.

Halo, adik-adik, nama kakak Amalia. Kakak mengajar sains dasar di salah satu sekolah swasta. Kakak akan mencoba membantu kamu untuk memahami sains dengan lebih mudah bersama Sasa dan Popo. Yuk, ikuti terus petualangan mereka.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *