Simbiosis Mutualisme, Kerja Sama antar Makhluk Hidup

Kamu sudah tau kan apa itu simbiosis? Kalau kita pelajari lagi, banyak loh hubungan yang menarik antar makhluk hidup. Yuk, kita lihat beberapa contoh simbiosis mutualisme!

Semut, Bodyguard Kutu Daun

Kutu daun atau aphid mendapatkan makanannya dengan memakan getah dari tumbuhan. Bagi para petani, mereka adalah hama (crop destroyer). Namun tidak bagi beberapa kelompok semut. Serangga ini mengeluarkan cairan manis seperti madu (disebut honeydew) yang disukai oleh para semut.

Saking sukanya, para semut ini akan melindungi kutu daun dengan cara apapun. Ketika malam, koloni semut akan menggotong para kutu daun ini ke sarangnya, sehingga mereka terlindung dari predator. Pagi harinya, kutu daun dikembalikan ke tanaman agar mereka bisa makan. Bahkan semut-semut ini bisa sampai merusak telur kepik yang mrupakan predator kutu ini. Semut-semut ini berperan seperti bodyguard kutu daun demi honeydew yang mereka sukai.

Semut yang melindungi kutu daun (aphid). Contoh simbiosis mutualisme

Hummingbird, Penghubung antar Bunga

Burung kolibri (hummingbird) adalah burung mungil yang ukurannya lebih kecil dari telapak tangan orang dewasa. Burung menggemaskan ini mendapatkan makanan dari nektar bunga. Saat menghisap nektar, benang sari akan menempel di paruhnya. Ketika hinggap di bunga yang lain, benang sari yang ada di paruhnya akan terjatuh bagian bunga yaitu putik. Bertemunya benang sari dan putik adalah salah satu cara tumbuhan berkembang biak. Makanya, burung mungil ini akan selalu menjadi sahabat para bunga. Tidak hanya burung kolibri, serangga seperti lebah, kupu-kupu, juga memiliki hubungan simbiosis yang sama.

Burung kolibri yang menghisap nektar dan membantu penyerbukan. Contoh simbiosis mutualisme

Pasukan Pencari Kutu

Kutu terasa mengganggu bukan? Jangan khawatir, tersedia layanan pembasmi kutu secara alami. Kerbau, sapi, rusa, dan banyak hewan lainnya yang sudah mencoba layanan ini. Hasilnya pun memuaskan. Cukup biarkan burung jalak atau burung kuntul hinggap di badannya. L:alu, ia akan memakan kutu-kutu yang ada di tubuh kerbau. Jika tertarik, kamu bisa mencoba layanan burung jalak ini.

PS: Belum tersedia secara online

Burung yang memakan kutu di badan kerbau. Contoh simbiosis mutualisme
“Buffalo” by John Hilliard used under CC BY / Text added from original

Tumpangan Gratis Bawah Laut

Siapa yang tidak menolak diberi tumpangan gratis? Landak laut atau babi laut saja suka. Hewan berduri ini memanfaatkan kepiting sebagai transportasi gratis di bawah laut. Jangan heran, kalau kamu melihat kepiting terlihat seperti menggendong landak laut. Bulu landak laut yang tajam ini melindungi kepiting dari predatornya. Mau tumpangan gratis bawah laut? Kamu harus berduri dulu untuk mendapatkan ini!

Landak laut yang menumpang pada kepiting. Contoh simbiosis mutualisme
Carrier Crab (Dorippoidea) with Long-spined Sea (Urchin Astropyga radiata)” by Bernard DUPONT used under CC BY / Text added from original

Makan, Lalu Buang Bijinya

Orangutan tinggal dan mencari makan di atas pohon. Mereka berpindah-pindah antar pohon untuk mencari makanan. Buah adalah salah satu makanan favoritnya. Jadi, pohon menyediakan tempat tinggal dan makanan untuk orangutan. Lalu apa yang dilakukan orangutan? Sederhana saja, mereka cukup membuang sisa makanannya, terutama biji buah ke bawah. Mudah bukan? Biji yang jatuh ke tanah ini akan tumbuh menjadi tanaman yang baru. Pohon akan terbantu karena dibantu menyebarkan biji.

orang utan makan buah untuk penyebaran biji. Contoh simbiosis mutualisme

Menarik bukan simbiosis mutualisme antar makhluk hidup ini. Hewan dan tumbuhan saja bisa bekerja sama, kalau kamu bagaimana?

Yuk, selanjutnya kita lihat contoh-contoh simbiosis komensalisme

Halo, adik-adik, nama kakak Amalia. Kakak mengajar sains dasar di salah satu sekolah swasta. Kakak akan mencoba membantu kamu untuk memahami sains dengan lebih mudah bersama Sasa dan Popo. Yuk, ikuti terus petualangan mereka.

1 comment